Rabu, 19 Desember 2018

Kekuatan Keyakinan Yang Membuat Kita Menjadi MANUSIA PENUH DAYA

Keyakinan sangat mempengaruhi emosi kita. Ketika kita mempunyai keyakinan yang salah maka itu akan membuat Anda tidak berhasil dalam hidup.
Hingga dalam materi ini Anda akan belajar bagaimana bisa meraih sukses dalam bisnis dan juga kehidupan yaitu ada kuncinya dengan mempelajari Kekuatan Keyakinan Yang Membuat Kita Menjadi MANUSIA PENUH DAYA. Dan Anda wajib mempelajari ini.




Keyakinan itu tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar. Yang ada hanyalah yang membuat kita berdaya dan membuat kita tidak berdaya dalam mengejar goal atau cita – cita yang kita impikan.

2 Macam Keyakinan

Keyakinan ini ada dua macam. Apa saja?
1.   Aturan di dalam hati kita.Mungkin Anda sering mendengar kata“Kalau begini maka begitu”. Aturan yang menjadikan sesuatu hal mendapatkan hasil yang berbeda.
2.   Identitas yang bersifat global.Contoh dari identitas : Saya adalah? Uang adalah? Atau lebih jelasnya lagiidentitas global adalah definisi umum tentang sesuatu hal yang telah di sepakati oleh banyak orang.
Contoh

Ada orang yang mempunyai aturan di dalam hati“Kalau begini maka akan begini”Kalau ingin sukses maka dalam satu hari harus keluar rumah 10 kali untuk mendapatkan pembeli minimal 10 orang. Bila saya menawarkan kepada 10 orang, maka biasanya 2 orang akan mau.Bila 2 orang mau, dalam satu bulan hari kerja saya adalah 25 hari, berarti ada 50 pelanggan baru yang membeli produk dan jasa saya.Itu mengakibatkan saya menjadi sales terbaik dan akan di promosi menjadi supervisor, ketika sukses saya akan menjadi manager, ketika sukses maka akan menjadi general manajer, ketika sukses maka saya akan menjadi direktur dan bahkan menjadi presiden direktur.Tapi mulai dari sekarang saya harus mulai keluar 10 kali untuk bertemu pelanggan baru.Yang ingin saya tanyakan adalah ketika orang punya keyakinan tersebut, apakah yang di lakukan seperti itu?Bisa jadi ya dan bisa jadi tidak.
Bagaimana kalau dia mempunyai keyakinan yang negatif tentang satu hari keluar 10 kali atau keyakinan kalau menjadi manager itu berarti bebannya menjadi lebih berat? Mungkin orang itu tidak akan melakukannya.

Apa maksudnya??Otak manusia di takdirkan mencari nikmat dan menghindari sengsara, otak manusia itu persis seperti besi dan magnet.Ketika besi positif dan magnetnya negatif maka itu akan mendapatkan apa yang di inginkan dan yang tidak di inginkan. Positif dan negatifnya jelas. Bagaimana kalau positif dan negatif tercampur??Besi itu menjadi netral, tidak bisa menarik dan menolak. Magnet itu bisa menarik dan menolak.

Persis sekali dengan otak kita ketika positif di campur negatif, kita bisa jadi bingung atau netral.
Ketika orang mempunyai pemikiran“Betul kalau ingin mau kaya maka dalam satu hari harus keluar 10 kali”Tapi dalam otaknya ada yang mentralisir dengan berkata“Tapi, kalau saya keluar satu hari 10 kali nanti saya jadi hitam, kalau hitam saya jadi jelek”.Baru satu hari keluar dua kali sudah menyerah.Kalau keyakinan ini tidak pernah di rubah maka akibatnya orang itu tidak pernah sukses walaupun orang itu tahu kalau sukses harus melakukan itu tapi karena di kaitkan dengan penderitaan maka tidak akan bergerak.
Termasuk juga keyakinan kalau kulit hitam itu jelek, keyakinannya siapa dulu?Di luar negeri kalau sedang musim dingin, tapi setelah musim dingin ada bule yang hitam, maka banyak orang yang bilang bule ini orang kaya, kenapa begitu? Karena pada waktu musim dingin dia akan berjemur di tempat yang panas. Bule sangat suka berjemur karena mereka memiliki keyakinan kalau menjadi hitam itu adalah orang kaya, itulah kenapa banyak bule yang hobi sekali berjemur di pinggir pantai.
Lagi pula, Keyakinan hitam jelek itu belum tentu, Anda pernah mendengar istilah“Hitam manis”?
Itu semua adalah masalah keyakinan.
Keyakinan itu adalah pandangan yang kuat terhadap sesuatu hal
– Tung Desem Waringin –

Kalau pandangan yang kuat ini tadi bercampur baur, otak Anda akan menjadi bingung atau netral.

Contoh

Sayamempunyai teman yang sangat kaya. Tinggal di tengah pulau yang di kelilingi oleh lapangan golf, lengkap dengan landasan helicopter,lapangan parkir bisa 20 mobil, ada tempat meeting pribadi, ada kolam renangnya,ada dermaga, ada jogging track.Orang ini sangat baik dan selalu mengundang orang yang di kenal datang kesana.Suatu hari saya punya teman yang lain dan dia memberitahu saya kalau dia akan di ajak ke rumahnya. Kalau mau kesana juga sebenarnya susah karena di jaga banyak satpam dengan badan besar. Karena saya kenal dan saya mempunyai akses masuk dengan mudah maka saya ajak teman saya. Ketika waktu pulang saya bertanya “Bagaimana rumahnya? Suka tidak?”, teman saya menjawab dengan jawaban yang aneh“Bagaimana ya, saya tidak suka punya rumah terlalu besar”, saya tanya lagi“Lho kenapa?!!”dan saya mendapatkan jawaban yang mengejutkan seperti“Bersihin rumahnya susah”.Saya pun bergumam dalam hati“Ya ampun!!”dan saya langsung bicara kepada teman saya“Aduh pak, kalau kita sudah punya segini besar maka kita tidak perlu bersihin sendiri”dan hati saya bergumam lagi“Dasar mental kere lu”.Ternyata setelah di selidiki kalau teman saya yang mengepel rumahnya sendiri karena tidak punya asisten rumah tangga.Ternyata memang betul kalau menurut dia punya rumah besar itu di bersihkannya akan susah karena waktu punya rumah kecil dia terbiasa membersihkan sendiri.
Pertanyaan saya adalah “Mungkin tidak dia mempunyai rumah yang besar?” Mungkin saja dia mampu, tapi dia tidak akan beli selama dia mempunyai keyakinan seperti itu.

Dari Mana Keyakinan Kita Datang?


Ada beberapa faktor yang membuat keyakinan kita itu datang, dari mana saja?
§ Pengalaman masa lalu kita
§ Kata – kata yang pernah Anda dengar di masa lalu
§ Apa yang pernah Anda lihat di masa lalu
§ Trauma emosi dan perasaan yang pernah Anda alami
Selama itu semua tidak di rubah, maka sungguh susah sekali kita menjadi sukses kalau kita terus menganggap sukses itu tidak baik ataupun cara mencapai sukses itu tidak nikmat.Kita harus memiliki tekad yang bulat adanya sehingga kita menjadi jauh lebih baik.

Contoh

Tolong lanjutkan perkataan saya di dalam hati Anda : UANG ADALAH AKAR DARI SEGALA??
Apa jawaban Anda? AHA! Hati – hati kalau Anda menjawab kalau uang adalah akar dari segala masalah, atau uang adalah akar dari segala kejahatan. Hati – hati karena pada dasarnya kita ingin menjadi orang yang baik.Itu berarti kalau uang Anda hubungkan dengan cara negatif seperti itu maka keyakinan Anda menjadi netral.Ketika menjadi netral itu kita tidak akan berdaya upaya atau tidak berdaya sama sekali sehingga kita tidak ingin berusaha untuk mendapatkan uang yang lebih banyak.
Contoh lain lagi soal keyakinan : Apakah Anda memiliki anak sekitar umur 1 – 2 tahun? Kalau anak kecil sedang memegang barang, biasanya di masukan kemana? Di masukan kemulut.Bagaimana kalau anak itu sedang memasukan uang kemulut? Apa yang kita lakukan sebagai orang tua yang baik?Hampir semua orang tua bilang ke anak kalau uang itu kotor.AHA! Ketika anak sudah besar dan tidak kaya, orang tua akan bertanya“Nak, kamu kenapa tidak kaya – kaya?”.Bagaimana jadi kaya kalau anak menanggap kalau uang itu kotor? Lalu, apa solusinya??Saya sendiri ketika anak saya waktu kecil ingin memasukan uang ke mulutnya maka saya langsung bilang“Nak, kalau punya uang lebih baik di tabung”. Saya langsung belikan tabungannya dan langsung di masukan ke tabungannya.Ini kisah nyata pada waktu saya memulai karir dan rumah saya menjadi kantor sementara, uang asisten saya tertinggal di kantor, kemudian anak saya mengambilnya. Kenapa begitu? Karena keyakinan kalau ada uang harus di tabung. Hebat juga setiap ngeliat duitlangsung di ambiluntuk di tabung.
Apakah pola yang saya ajarkan ini benar? Belum tentu karena mungkin anak saya ketika punya uang selalu di tabung, tidak pernah di gunakan untuk bisnis atau investasi.Makanya saya juga ajarkan pada anak saya, uang itu sebagian di tabung dan sebagian lagi saya ajarkan jual – beli.
Bisnis itu identik dengan jualan.Banyak orang yang ketika sudah besar itu trauma karena pernah mendengar atau melihat kalau orang jualan itu memalukan. Kenapa memalukan?? Karena mungkin trauma waktu kecil, ketika masih SD atau SMP, Anda berjualan tapimalahdi marahi. Keyakinan inilah yang membuat Anda menjadi takut, malu untuk berjualan.Ketika Anda takut, malu maka hidup bisa menjadi sengsara.

Sekarang, ambil waktu terlebih dahulu!Pikirkan pandangan Anda tentang uang. Jika pandangan Anda tentang uang itu negatif atau cepat kaya itu negatif.



Apakah Anda memiliki keyakinan kalau hidup Adalah perjuangan?


Kalau begitu,saya yakin pasti hidup Anda penuh dengan perjuangan.Anda harus memperhatikan definisi yang Anda berikan!Kata – kata yang sudah menjadi keyakinan ini sangatlah mempengaruhi hidup kita!
Mungkin banyak orang yang bilang“Kalau hidup berjuang bukannya boleh saja?”. Itu semua terserah Anda karena keyakinan tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar.Kalau menurut saya pribadi adalah hidup ini merupakan karunia Tuhan yang harus di nikmati dan di kembangkan sehingga bisa bermanfaat untuk diri sendiri dan untuk orang banyak, di restui Tuhanjuga tentunya dengan cara membuat tantangan menjadi sederhana, menyenangkan, berguna untuk Tuhan, diri sendiri dan untuk orang banyak.
Saya pribadi sering di tanya“Hidup pak Tung seperti apa?”, saya menjawabHidup saya ini adalah karunia Tuhan yang indah luar biasa, harus saya nikmati dan kembangkan dengan cara membuat tantangan yang ada menjadi simple, fun, berguna untuk diri sendiri, orang banyak dan Tuhan”
Itu adalah tujuan hidup saya. Ketika kita memiliki keyakinan hidup menjadi indah, maka hidup Anda akan benar menjadi indah adanya.
Hidup penuh perjuangan itu berarti Anda harus berjuang terus
Tidak ada yang benar maupun salah, karena itulah hidup Anda!Kalau Anda ingin melihat hidup,cobalahmelihat keyakinan Anda karena itulah hidup Anda sebenarnya!
Keyakinan juga sering kali tidak mengenal situasi dan kondisi, tidak ada yang salah dan benar karena itu semua terserah Anda. Sebelum saya berikan tugasnya, saya akan berikan contoh terlebih dahulu.
Contoh

Ada dua orang yang di kasih uang 100 Ribu, orang pertama mempunyai keyakinan kalau dikasih uangsegituadalahmenghina karena orang yang memberi itu punya duit lebih banyak tapi kenapa cuma kasih 100 ribu atau mungkin menggunakan kata – kata yang negatif.Kondisi kedua orang ini adalah sama, kita ambil contoh ada dua saudara saja yang memiliki kakak orang kaya. Tapi, orang kedua walaupun miskin juga ketika di kasih 100 ribu, dia bisa merasakan kalau itu tulus luar biasa dengan berkata“Terima kasih, ini tangan Tuhan. Terima kasih”
Itu keyakinan Anda sendiri!
Sama persis juga ketika orang memberikan kepada pengemis, Anda memberikan 100 ribu ke pengemis, pastiakan ada orang memandang Anda dengan berasumsi itu tidak mendidik.Tapi juga ada orang yang memandang kalau Anda adalah orang yang murah hati, Anda memberi contoh sebagai orang yang kaya yang menginspirasikan orang banyak untuk lebih berjiwa sosial.Tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar.
Yang paling penting adalah membuat Anda berdaya menjadi lebih baik atau malah membuat Anda lumpuh tidak berdaya dalam mengejar goal Anda.

Sekarang, carilah keyakinan atau kata – kata yang pernah Anda dengar! Harus di lakukan karena saya akan memberikan waktu sekitar 4 menit. Tulis keyakinan atau kata yang sangat mempengaruhi hidup Anda.Tulis yang selama ini menghambat Anda! Apapun itu terserah Anda.
Buku sukses Anda di bagi menjadi dua kolom. Kolom sebelah kiri tulis keyakinan yang membuat Anda tidak berdaya. Tulis sekarang juga!
Apakah Anda sudah menulis beberapa keyakinan yang negatif? Apa tujuannya?
Sangat penting ketika ini mulai menghambat Anda untuk sukses dan Anda tidak segera mengambil langkah menuju ke hal yang di inginkan. Anda harus memeriksa keyakinan mana yang menghambat Anda.Cari tahu datangnya dari mana dan pikirkan apa ruginya ketika Anda masih memiliki keyakinan seperti ini? Hasilnya seperti apa?
Betapa nikmat nya kalau keyakinan ini Anda ubah menjadi lebih positif? Sehingga Anda berani mengambil langkah menuju yang Anda inginkan.

Sekarang, saya juga akan memberikan waktu untuk Anda bisa menulis keyakinan Anda yang baru. Contoh seperti keyakinan tadi yang menyatakan kalau uang adalah akar dari segala kejahatan maka harus Anda ganti menjadi tidak punya uang adalah akar dari segala kejahatan. Bisa juga“Ingin uang orang lain adalah akar dari segala kejahatan”.Sebenarnya di kitab suci pun bukan uang yang menjadi akar dari segala kejahatan, tapi hanya cinta uang.Terikat sekali sama uang sehingga lupa iman.Kalau Anda tidak percaya tentang ini maka silahkan cari bukunyaPaul Zane Pilzer : God Wants You To Be Rich.Anda bisa mencarinya di toko buku Gramedia, buku itu menjelaskan satu ayat yang membuat Anda yakin kalau Tuhan pun ingin membuat kita menjadi kaya.
Keyakinan yang positif akan membuat hidup Anda menjadi positif. Rubah keyakinan Anda yang negatif menjadi positif. Tulis sekarang juga!
Banyak hal yang harus kita tulis dan kita ubah menjadi positif sehingga kita akan bergerak ke arah yang kita inginkan. Jika mungkin Anda tidak yakin sukses karena lulusan SMA, Anthony Robbins guru saya saja mungkin tidak lulus SMA, tapi kenapa dia bisa sukses?Karena dia mengaku PHD dalam hasil. Dia penuh percaya diri karena memiliki kata – kata seperti itu.

Salah satu teman saya Pak Andrie Wongso yang merupakan SD TT TBS ( Sekolah Dasar Tidak Tamat Tapi Bisa Sukses )Ini merupakan bukti bahwa pendidikan Anda bukanlah sesuatu yang harus di banggakan.Pak Andrie Wongso ini merupakan orang yang mau dan terus belajar sehingga dia bisa menjadi sukses.Demikian juga Anda, jika tidak sekolah maka dari itu Anda harus terus belajar dari faktor lain sehingga bisa sukses.

Self Sabotage


Keyakinan sangat mempengaruhi keputusan dan tindakan kita, sering kali kalau keyakinan tidak pas terhadap goal kita maka kita juga melakukan Self Sabotase.Menghalangi diri kita sendiri sehingga membuat kita susah berhasil. Ketika pendapatan guru saya Anthony Robbins dari Office Boy USD$35 menjadi USD$10.000, kemudian dari USD$30.000 menjadi USD$1.000.000 setiap tahun dan pendapatan yang sama setiap tahun.

Akhirnya dia test cermin kenapa berhenti di 1 juta, kenapa tidak bisa tembus limit dan breaktrough?Akhirnya dia sadar kalau di hati kecilnya memiliki keyakinan kalau 1 Juta dollar itu lebih dari cukup, kalau lebih dari 1 Juta itu serakah.AHA! Siapa yang bilang serakah?? Karena dia bilang serakah maka dia tidak bisa lebih. Tanpa sadar dia menyabotase dan pendapatannya hanya segitu. Keluarlah dari sabotase diri, sebenarnya hampir sama dengan keluar dari zona nyaman Anda!


Bagaimana caranya merubah keyakinan seperti ini?


Banyak sekali caranya merubah! Anda bisa mengubah secara sadar, menulis seperti tadi.Mungkin Anda sering berkata keyakinan lama seperti“Mencari uang itu sulit”, maka Anda harus menghardiknya dengan berkata“Itu dulu, mulai hari ini saya tahu bahwa mencari uang itu mudah bagi yang tahu caranya dan saya terus belajar untuk mencari cara yang mudah dan halal”. Ketika Anda mempunyai keyakinan “Orang kaya itu korupsi”, maka Anda bisa menghardiknya dengan berkata“Itu orang lain, kalau saya kaya dengan jujur dan saya bisa membuktikannya”.
Anda bisa mengubah kata – kata secara sadar sambil pegang tangan Anda dan taruh di depan hati Andadan berkata“Mulai hari ini saya tahu kalau orang miskin pakai kata ATAU, mereka mempertentangkan yang baik dan yang buruk, atau buruk dengan buruk dan mengakibatkan mereka mendapatkan yang buruk. Tapi saya adalah orang kaya dan saya pasti kaya, saya memakai kata DAN, yang baik boleh saya miliki keduanya. Saya memilih kaya dan panjang umur, saya memilih kaya dan bahagia, saya memilih kaya dan bertuhan, saya memilih kaya dan sehat!”Silahkan Anda gunakan kata DAN, jangan gunakan kata TAPI seperti “Saya lebih baik miskin tapi bahagia”maka ganti menjadi“Saya lebih baik kaya tapi bahagia”.

sumber: Ebook live revolution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENYAKIT HATI [KAGUM DIRI, MERASA POL DEWE]

    Kagum diri dapat diartikan suatu penyakit hati yang membuat seseorang merasa bahagia dengan pujian dari orang lain dan merasa diri...