Rabu, 19 Desember 2018

Bagaimana Menjadi Tuan Dari EMOSI Kita

E-Book ini adalah lanjutan dari e-book “Bagaimana mendapatkan yang benar – benar di inginkan”. Bagaimana merubah emosi kita? Begitu pentingnya cara ini karena apapun yang kita inginkan dalam hidup adalah merubah perasaan kita.
Hingga dalam materi ini Anda akan belajar bagaimana bisa meraih sukses dalam bisnis dan juga kehidupan yaitu ada kuncinya dengan mempelajari Bagaimana Menjadi Tuan Dari Emosi Kita. Dan Anda wajib mempelajari ini.

Kembali lagi hal ini sangat penting untuk kita pelajar. Bagaimana menjadi tuan untuk emosi kita?Karena apapun yang kita inginkan dalam hidup adalah merubah kondisi perasaan dan emosi kita.
Seperti yang sudah ada di e-book sebelumnya dan saya akan ulangi lagi.

2 Macam Perasaan

Ada dua macam perasaan, apa Anda masih ingat?
1.     Perasaan pada tempatnya
2.     Perasaan yang tidak pada tempatnya
Kalau sebuah perasaan terjadi dan itu pada tempatnya, misalnya pada waktu kita sedih karena di tinggal oleh orang yang kita cintai. Caranya bagaimana?Kita beri arti yang berbeda. Boleh memberikan arti positif dan negatif, dan tentunya membuat diri Anda menjadi lebih baik.
Ketika emosi tidak pada tempatnya, misalnya pada waktu kita ingin presentasi dan Anda merasakan kekhawatiran. Tanyakanlah pada diri sendiri“Kalau saya khawatir ini pada tempatnya atau tidak?”Kalau Anda belum menyiapkan materi presentasi maka wajar saja Anda khawatir. Lalu, apa yang dapat membuat presentasi Anda menjadi jauh lebih baik?Dengan membaca sebelum presentasi jika nanti tidak terulang lagi.
Kesimpulan saya dari dua macam perasaan ini tetap kita harus maju karena tidak ada waktu lagi.


Cara Yang Paling Efektif Untuk Mengubah Emosi Yang Salah


Supaya Anda bisa mengubah emosi yang tidak pada tempatnya, ada beberapa cara yang di lakukan, apa saja?
§ Merubah gerak.
§ Merubah fokus. Kita merubah fokus sehingga perasaan kita akan berubah seketika.
§ Merubah kata – kata yang kita gunakan dan kepercayaan kita.
Bagaimana cara mengubah emosi dengan mengubah gerak?
Sekarang saya ingin tanya, ketika di ruangan saya ada satu orang yang sedang kecewa, depresi, tertekan. Pertanyaan saya“Kira – kira gerakannya bagaimana? Dagunya ke atas atau ke bawah?” Tentu ini pertanyaan yang bodoh, karena dagunya pasti kebawah.Matanya cerah atau suram? Tentu suram, bagaimana dengan bibirnya? Tersenyum atau merenggut? Tentu merenggut. Bahunya membuka atau menutup? Tentu menutup.Anda akan menjawab sama dengan saya kecuali Anda bukan manusia dan berasal dari planet lain.Kenapa jawabannya sama? Karena saya tahu Anda sering melakukan ketika Anda depresi, tertekan, kecewa, sedih.
Sekarang saya ingin Anda membayangkan kalau di samping saya ada satu orang yang baru menang lotere dapat uang 100 Milyar cash keras, bebas dari pajak. Pertanyaan saya“Dagunya kebawah atau ke atas?”Tentu ke atas.“Matanya suram atau cerah?”Tentu cerah.“Bibirnya merenggut atau tersenyum?Sudah pasti tersenyum. Apakah jawaban kita sama? Tentu sama. Karena banyak juga orang yang bicara sama saya “Pak, emosi itu kan mempengaruhi gerak”, benar sekali dan pernah di katakan juga oleh Anthony Robbins..
Our emotions is created by our motions
– Tony Robbins –
Emosi kita di ciptakan dari gerakan kita.Mari kita test kalau Anda tak percaya..
Semua pembaca e-book ini di wajibkan melakukan karena ini tugas pertama Anda.Kalau Anda sedang duduk, tolonglah berdiri! Ayo, semua berdiri! Kecuali Anda yang sedang menyetir. Jika Anda sedang menyetir dan sudah sampai tujuan entah itu di rumah, kantor, kampus, saya ingin Anda semua mempraktekannya! Janji??
Untuk para pembaca yang sudah berdiri, cobalah untuk berdiri dengan sangat – sangat tegak. Satu kaki maju kedepan, tahan lah berat badan Anda dengan kaki depan, kaki yang di belakang sedikit di jinjit sehingga berat badannya condong ke depan, dada di buka tegak ke atas, dagu ke atas, mata cerah melihat ke atas, bahunya di buka lebar – lebar, angkat kedua tangan ke atas, jika sudah seperti posisi yang di sebutkan tadi, sekarang tersenyumlah selebar mungkin. Dan dalam posisi seperti ini lagi, tolong ingat kejadian yang menyedihkan. Bisa?? AHA! Tidak bisa, atau sangat sulit. Ini adalah satu bukti bahwa our emotions is created by our motions.

Ketika kita ingin sukses dan ingin menjadi luar biasa, tentunya kita harus mengambil emosi tertentu.
Mengapa sangat penting ilmu mengubah emosi ini dengan sangat cepat??
Kenapa ini sangat penting?Pernah atau tidak Anda mengalami satu kondisi yang Anda merasakan sangat dahsyat dan luar biasa? Kalau Anda dalam posisi seperti itu dan ketika Anda mengambil keputusan maka keputusan itu akan membuat Anda menjadi jauh lebih sukses, dengan posisi seperti ini kita akan mengambil keputusan dengan mantap! Karena di pengaruhi oleh emosi yang cerah, dahsyat dan luarbiasa!

Tapi apakah pernah dalam satu kondisi emosi ataupun perasaan bersalah? Maksudnya adalah ketika Anda memutuskan sesuatu maka akan terlintas benar Anda“Kok saya goblok dengan melakukan hal ini?”Sebetulnya Anda bukan dalam posisi goblok.Semua orang pernah mengalami suatu kondisi emosi seperti itu sehingga kita melakukan gerakan yang bodoh.Ini di karenakan emosi kondisi yang bodoh atau istilahnya adalah..

Stupid State


Dalam kondisi perasaan yang seperti inilah kita sangat sulit mengambil keputusan yang benar.Karena setelah membuat keputusan maka akan timbul perasaan bersalah atau negatif.
Dalam posisi ini jangankan mengambil keputusan yang tepat, disuruh mengambil keputusan pun akan susah karena dalam kondisi stupid state.
Sangat penting untuk kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan yaitu perubahan perasaan dan juga perubahan situasi dan kondisi yang kita inginkan jika kita merubah dari dalam dulu, barulah kita akan sukses luar biasa dengan menciptakan kondisi, situasi yang kita inginkan.
Dari tiga cara untuk merubah emosi yang sudah saya jelaskan di awal, yang paling mudah adalah merubah gerak.

Mari kita akan lakukan lagi!
Kecuali Anda yang sedang berada di mobil.
Anda semua duduk, dan tolonglah ingat hal – hal yang menyedihkan, ketika itu saya akan memberi aba – aba untuk berdiri. Di saat itu Anda harus langsung berdiri, saya akan memberi aba – aba untuk Anda duduk lagi, dan berdiri lagi. Ini yang saya lakukan untuk merubah pola emosi kita, ini salah satu yang kita sebut sebagai..

Ilmu Merusak Pola


Ini adalah salah satu cara untuk merusak pola emosi Anda. Ketika Anda sedih dan Anda melakukan gerakan seperti tadi, maka akan membuat Anda sukses, berani mengambil keputusan.
Saya ingin bertanya “Pernah atau tidak Anda mengalami suatu posisi dimana Anda harus menelpon? Orang yang harus Anda telepon ini mungkin atasan Anda yang galak luar biasa, calon istri Anda, calon pacar Anda, klien Anda yang galaknya luar biasa. Pernah atau tidak ketika Anda ingin telepon maka Anda akan memikirkan “Telepon atau tidak ya?”Anda berada dalam kondisi emosi yang ragu – ragu, perasaan yang tidak menentu.Mana yang akhirnya Anda lakukan? Menelpon dengan ragu – ragu? Atau telepon dengan percaya diri? Pasti jawabannya adalah telepon dengan percaya diri.Apa yang harus Anda lakukan? Anda HARUS MELAKUKAN dan ini merupakan tugas pertama Anda jika ingin mengubah emosi dan perasaan Anda :
§ Cara yang paling gampang adalah dengan mengubah gerak Anda terlebih dahulu.
Semua yang membaca e-book ini SANGAT WAJIB mengikuti cara ini agarAnda bisa menguasai emosi dan pada akhirnya Anda berhasil menjadi tuan atas emosi Anda. Mari kita lakukan!!
§ 
Anda duduk dan rasakan, bayangkan suatu emosi ketika sedang sedih, tertekan, depresi, takut atau perasaan yang negatif dalam hidup Anda.Bayangkan apa yang terjadi saat itu, apa yang Anda lihat saat itu? Pakai baju warna apakah Anda ketika sedang tertekan dan kecewa?
Kondisi duduk dengan bahu yang menutup, kepala tertunduk, mata Anda suram, bibir Anda merenggut, nafas Anda pendek – pendek.Dengarkan apa yang Anda dengarkan waktu kecewa, sedih atau takut? Mungkin Anda mendengarkan suara Anda sendiri??
§ Sekarang, Anda bangun dan berdiri sangat tegak. Tepuk dada Anda dan bicara “YES”, genggam tangan Anda dan katakan “YES!!”
Bagi Anda yang membaca e-book ini tapi tidak memungkinkan untuk berdiri tegak, Anda bisa menggantinya dengan duduk yang tegak lebih tegak dari pada biasanya dan tepuk dada Anda sambil berkata “YES!!”. Lakukan seperti tadi sampai tiga kali!
Apakah sudah di lakukan semua seperti yang saya katakan tadi??Sekarang kembali lagi seperti pertama kali Anda mencoba ini! Duduk dengan memikirkan sesuatu yang negatif dalam diri Anda atau apapun itu yang membuat Anda kecewa, sedih, loyo, takut dan 1.2.3 Bangun! Berdiri! Seperti cara yang kedua dengan sangat tegak, busungkan dada Anda sambil katakan“YES!!”, genggam tangan Anda sambil berkata“YES!!”.
Lakukan cara ini berulang – ulang sampai Anda merasakan kalau Anda sudah cukup percaya diri dan bisa sepenuhnya menjadi TUAN dari emosi Anda!
Bagaimana perasaan Anda saat ini?
Ketika Anda merubah sangat dramatis dari duduk loyo sampai berdiri dengan tegak! Ini merupakan salah satu kebiasaan kita, apabila ketika kita mengalami hal yang sama. Ketika Anda duduk loyo dan seketika berdiri sangat tegak maka itu akan sangat efektif untuk menguasai emosi Anda.
Saya ingin bertanya satu hal :“Sudahkah Anda punya anak? Atau belum punya anak? Atau pernah jadi anak – anak?”Salah satu kesulitan untuk memotivasi anak adalah ketika mereka ingin sekolah atau les. Anak baru bangun tidur dan sangat lemas, kemudian yang saya ingin tanyakan adalah..Bagaimana cara Anda untuk memotivasi anak agar mereka ingin pergi ke sekolah?
Apakah Anda memarahi anak itu? Nah, mungkin banyak yang bertanya bagaimana kalau saya memperlakukan anak – anak saya? Ketika anak saya bangun tidur dan sedang malas di sertai loyo, saya tidak pakai omongan.

Saya merubah gerak terlebih dahulu untuk merubah emosi
– Tung Desem Waringin –

Kalau emosi state anak sedang negatif, malas, takut itu akan percuma Anda berbicara apapun tidak akan berpengaruh! Ini merupakan kelemahan motivator, kalau kita hanya memotivasi orang hanya dengan kata – kata, bisa atau tidak? Bisa. Tapi akan jauh lebih efektif jika kita memotivasi dengan merubah geraknya terlebih dahulu. Kalau saya ingin membangunkan anak, saya akan angkat anak itu, dan saya suruh sentuh, angkat di langit – langit kamarnya, saya peluk pinggangnya, saya rebahkan di atas ranjang dan saya pegang tangannya dan saya suruh sentuh lantai, lalu saya taruh di atas ranjang sambil saya pegang tangannya kemudian saya menggerakan tangannya sambil bilang “GO..GO..GO” sampai 50 kali, apa yang terjadi?? Our emotions is created by our motions. Setiap gerakan kita itu ada rangsangan kimia dan hormone dalam diri kita akan berubah, dan itu sangat mempengaruhi emosi, sehingga anak bisa langsung semangat dan langsung bangun. Ilmu yang sangat menarik, kenapa tidak kita lakukan??
Kita juga bisa menciptakan gerakan yang membuat kita seketika menjadi semangat. Gerakan itu lah yang harus Anda ulangi sehingga menjadi power move kita.

Power Move


Maksudnya apa power move? Power move itu seperti orang ingin karate. Seperti orang yang ingin memecah balok, mereka langsung menghempaskan tangannya, terkadang sambil mengeluarkan teriakan dan gerakan tertentu.Kita juga bisa membuat gerakan yang dramatis seperti yang telah kita coba tadi sebagai power move kita, atau gerakan yang sangat ringan tapi ketika kita lakukan maka akan semangat kembali.

Saya pribadi kalau sedang berada dalam emosi atau posisi yang kurang nyaman, saya akan mencari toilet dan di dalam toilet itu saya akan guncang bumi.Maksudnya apa guncang bumi?? Di dalam toilet saya akan loncat – loncat, berdiri tegak, kepala menghadap ke atas, tangan di genggam. Dengan loncat seperti itu akan membuat badan saya menjadi hangat, wajah saya yang tadinya memerah menjadi normal kembali, tangan saya yang tadinya dingin menjadi hangat. Saya menjadi lebih percaya diri dan biasanya saya kombinasikan dengan fokus dengan membayangkan hal masa lalu dimana saya sangat percaya diri dan saya mendengarkan kembali suara – suara yang membuat saya percaya diri. Dan kalau kondisi tidak memungkinkan untuk merubah emosi dengan cara seperti itu, apa yang saya lakukan? Saya akan menepuk dada saya sambil bilang “YES!!”.

Mari kita lakukan lagi! Anda semua berdiri, berdiri dengan tegak, kecuali Anda yang sedang menyetir! Untuk yang sedang menyetir, berjanjilah Anda akan melakukan tugas ini setelah menyetir!
Anda semua berdiri, berdiri dengan tegak! Sekarang cobalah Anda berjalan sekeliling Anda, bayangkan Anda membawa ransel atau tas seberat 40 kilo di punggung Anda sehingga bahu nya tertarik. Jalan lah sekarang juga dengan sangat semangat dan sangat tegak.
Percaya atau tidak bahwa sebetulnya, orang yang loyo dengan orang yang semangat cara berdirinya itu hanya berbeda 3 MM.
Sekarang berdiri dengan lebih tegak lagi! Coba untuk menurunkan bahu Anda 3 MM, tutup bahu dan dada Anda. Bagaimana perasaan Anda?? Ketika Anda sedang loyo, tegakan badan Anda hanya 3 MM saja itu bisa membuat Anda semangat!

Manic Depresi


Ada satu penelitian dalam sebuah rumah sakit jiwa di Amerika, pada waktu itu ada orang yang menderita manic depresi. Maksudnya apa manic depresi? Ketika orang tertekan dan trauma karena di perkosa, tenggelam, tabrakan atau yang paling jelas adalah orang itu sering takut dan menangis sendiri. Kalau ke dokter di beri apa? Obat penenang. Saya tidak menentang penggunaan obat penenang. Tapi dalam hal ini kalau kita bisa atasi melalui gerak terlebih dahulu, kenapa kita tidak test melalui gerak kita? Rubah gerak kita!
Karena dengan menguasai gerak, kita juga menguasai emosi kita
– Tung Desem Waringin –
Rumah sakit jiwa di California, orang yang menderita ini biasanya di berikan obat penenang. Tapi kali ini dokter mencoba mengeksperimen bahwa orang ini harus melakukan gerakan tertentu. Pada waktu pagi hari, pasien disuruh duduk untuk melihat matahari terbit dan kemudian di suruh tersenyum tanpa alasan apapun. Pada waktu sore hari, pasien disuruh duduk melihat matahari terbenam dan di suruh tersenyum 15 menit tanpa alasan apapun. Mungkin banyak juga orang normal yang bertanya kalau seperti itu di anggap seperti orang gila. Di rumah sakit jiwa ya memang isinya orang gila semua.Tapi yang menarik ketika di lakukan berulang – ulang selama 14 hari tanpa di beri obat apapun, orang trauma itu menjadi sembuh tanpa obat.Orang ini bisa menguasai emosinya, rileks dan nyaman. Kenapa begitu? Ternyata setelah di teliti, ketika orang tersenyum dengan gerakan otot tertentu akan menimbulkan reaksi kimia di otak kita yaitu dengan hormone endorphin yang ketika kita tersenyum maka kekuatannya 10x lebih kuat dari morphin itu sendiri. Ketika kita tersenyum, hormon itu akan keluar dan mempengaruhi reaksi kimia sehingga kita merasa nyaman meski tanpa alasan apapun.
Praktek adalah guru yang terbaik, mari kita tersenyum selebar mungkin.
– Tung Desem Waringin –

Yang Harus Anda Lakukan


Saya akan memberikan tugas kepada Anda. Dalam waktu 10 hari berturut – turut. Lakukan! Pada waktu Anda bangun tidur, biasanya apa yang Anda lakukan? Mungkin Anda ngulet. Kalau habis ngulet, apa yang Anda lakukan?
Tidur lagi? Ya ampun! Jangan tidur lagi! Saya akan memberikan PR, selama 10 hari berturut – turut, ketika Anda bangun tidur dan sebelum buka mata, Anda harus tersenyum selebar mungkin dengan menarik otot Anda! Kemudian Anda ngulet dan tarik nafas panjang sambil tetap tersenyum Anda harus bilang “Terima kasih Tuhan, Oh YES!!”
Karena praktek adalah guru terbaik, mari kita praktek! Semua yang membaca e-book ini, pura – pura tertidur senikmat mungkin, mata di pejamkan, sangat rileks. Dan sekarang dalam kondisi bangun, langsung tersenyum dengan mata masih tertutup dan sekarang tarik nafas yang panjang, tangan tarik ke atas seperti orang ngulet dan hembuskan sambil bilang “OH YES!”, lakukan hal ini selama 10 Hari. Bagaimana perasaan Anda? Jauh lebih nikmat? Pastinya. Saya melakukan ini setiap hari, setiap pagi dan sudah lebih dari 5 tahun! Satu perasaan yang luar biasa nyaman.
Pesan saya satu sebelum Anda melakukan ini, yaitu apa? Hati – hati terhadap komentar pasangan Anda. Karena pada waktu saya seperti itu, istri saya langsung bertanya, kenapa tersenyum? Apakah karena mimpi basah?? Sekarang bahkan istri saya sudah melakukan seperti apa yang saya lakukan!
Anda harus berjanji! Lakukan 10 hari berturut – turut! Dan kalau Anda suka melakukan itu, lakukanlah setiap hari dan setiap saat sampai sisa hidup Anda! Ini merupakan kebiasaan yang sangat baik dan membuat kita merasa dahsyat, nyaman! Kita bisa mempunyai emosi yang tepat dan juga mengambil keputusan yang tepat sehingga tindakan kita tepat dan hasilnya pun menjadi tepat sehingga nasib kita bisa berubah. Jadi bukan hanya mendapatkan apa yang kita inginkan yaitu emosi yang baik, tetapi kita juga bisa mendapatkan situasi dan kondisi yang kita inginkan.
Bagi Anda yang pernah mengalami bangun pagi tapi suntuk karena emosi yang salah, sepanjang hari Anda mengalami kesialan itu berarti Anda berada dalam kondisi di pengaruhi emosi negatif, tidak bermanfaat. Ketika Anda mengalami kesialan yang berlanjut, salah satu obat yang paling mudah yaitu ketika Anda sedang mengalami tantangan dan emosi tidak pada tempatnya maka segeralah Anda ngulet sambil mengucapkan “Terima kasih, Tuhan” dan mengambil nafas panjang. Lakukan dengan sering, semakin berat tantangan Anda maka lakukan semakin sering. Ini adalah salah satu cara termudah untuk merubah gerak dan merubah emosi kita sehingga kita merasa lebih baik, nyaman dan kita bisa mengambil keputusan yang lebih tepat.
Kalau tadi Anda sudah melakukan PR pertama dimana Anda harus ngulet 10 hari berturut – turut. Sekarang ada PR lain lagi, apa itu? Tulis di buku sukses Anda, tiga gerakan yang akan Anda lakukan untuk merubah emosi Anda. Silahkan tulis! Kalau gerakan tadi cukup dramatis dan cukup cepat dan Anda merasa perubahan emosinya terjadi seketika, kenapa tidak??
Contoh
Saya mempunyai pasien dan dia memiliki depresi, teringat masa lalu karena pernah di tipu orang dalam bisnis. Akibatnya orang itu sakit jantung sampai – sampai jantungnya di beri ring dua buah. Apa yang saya ajarkan?? Saya mengajarkan bagaimana mengubah emosi. Ketika orang itu mengingat masa lalunya, saya tegaskan kalau itu dulu. Kalau di masih depresi, saya suruh dia ke kamar mandi dan becermin, kemudian saya suruh menghadap cermin sambil bilang “Itu dulu!”

Jadi PR nya adalah tulis tiga gerakan yang mampu membuat Anda mengalami perubahan perasaan. Sehingga Anda bisa melakukannya ketika ada emosi yang salah. Sehingga itu dapat mengembalikan Anda untuk bisa melakukan power move yang bisa membuat Anda menjadi lebih semangat.
Lakukan! Tulis! Praktekan! Dan lihatlah bagaimana hidup Anda akan berubah dengan sangat cepat.

sumber: E-book Live Revolution

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PENYAKIT HATI [KAGUM DIRI, MERASA POL DEWE]

    Kagum diri dapat diartikan suatu penyakit hati yang membuat seseorang merasa bahagia dengan pujian dari orang lain dan merasa diri...